Benteng Speelwijk

Ketika mencari informasi mengenai vihara Avalokitesvara di daerah Banten Lama, yang muncul adalah lokasi vihara yang terletak tak jauh dari masjid Agung Banten serta benteng Speelwijk.

Sebelum meninggalkan kawasan Karangantu, Banten Lama, kurang afdol rasanya jika tidak melangkahkan kaki menyeberangi jembatan tua menuju komplek benteng Speelwijk. Matahari yang terik dan menyengat pun tak sanggup memadamkan niat gue *dramatisir mode on :P

-Jembatan menuju benteng Speelwijk-
Ketika kami memasuki kawasan benteng, ada beberapa pengunjung yang sudah ada di sana. Salah satunya bergaya seperti seorang fotografer yang tengah melakukan liputan *barang bukti, kamera SLR yang digunakannya. Kelompok lainnya terlihat seperti pasukan kami, jalan-jalan keluarga.

Yang melanjutkan mengeksplor lebih lanjut hanya gue, si Dede dan si Kamu. Memang sepintas tidak ada yang menarik dengan sisa jejak benteng kokoh itu, jadi lah berteduh dibawah pohon rindang menjadi opsi yang menggoda untuk dilakukan. Gue pun ga lama di sana. Mungkin sekitar 30 menit. Melihat-lihat dan moto.

-Pohon besar nan rindang di depan pintu masuk benteng-
Tembok kiri dan kanan dari tempat gue masuk.

Selain beberapa pengunjung lain yang gue sebut sebelumnya dan beberapa warga yang berusaha menawarkan jasa menjadi guide dan menjelaskan apa yang ada disekitar benteng, makhluk lainnya yang mencolok adalah kambing-kambing yang tengah menikmati makan siang mereka.

-Kambing-kambing yang kini menjadi penghuni benteng-
Salah satu yang ditawarkan oleh guide dadakan adalah ruang bawah tanah yang diakses melalui pintu masuk sempit. Dengar nama ruang bawah tanah aja udah bikin deg-deg-an dan enggan untuk masuk, ditambah pula fakta bahwa ruang bawah tanah tersebut dulu difungsikan sebagai ruang tahanan. Makasih.. ^^

-Pintu masuk ruang bawah tanah-
Dinding benteng menjadi objek favorit yang gue abadikan


-Benteng Speelwijk, Serang-
Seharusnya yang tampak dibalik tembok luar benteng adalah hamparan pasir pantai lengkap dengan deru ombak yang menerpa. Tapi semua berubah sejak terjangan Tsunami yang dipicu oleh letusan gunung Krakatau ratusan tahun silam. Garis pantai berubah, tertarik lebih dari 1 km ke arah laut. Kini, yang terlihat hanya sungai kecil dan sawah penduduk dan makam orang Belanda yang tadinya gue kira entah tugu apa itu.

-Dibalik tembok Speelwijk-
PerjalananMampir singkat benteng Speelwijk, lumayan buat menambah koleksi foto ^^


-Ling-

0 comments

Post a Comment