2nd Attempt Risoles

Risoles gue sukses di percobaan kedua! Yeay.. Senangnya!!

Tara...
-Risoles Keju-
Seperti yang gue sampaikan sebelumnya, di postingan tadi pagi.
"Hari ini rencananya akan kembali melakukan percobaan membuat Risoles. Persiapan yang telah dilakukan adalah, browsing tips & tricks pembuatan kulit risoles. Info berharga ini gue dapatkan dari berbagai tempat, terutama di blog-nya Mba Ine, ahli tukang ngulik makanan lainnya, yang telah berbaik hati berbagi dengan pemula macam gue ini. Secara ini datang dari Sang Ahli, gue yakin info ini pasti akan sangat membantu ^^ *segera mencoba menerapkan! "
Dengan memperhatikan detail yang disampaikan, gue berani bilang Risoles gue sukses ^^ Informasinya benar-benar top banget deh. Terutama detail dalam membuat adonan. Soalnya kadang gue suka bingung gimana cara yang tepat untuk mencampurkan bahan kering dan cairan.

Risoles percobaan kedua gue ini menggabungkan dari dua resep dan sedikit improvisasi. Untuk kulit, gue menggunakan resep Mba Ine, yang juga uda gue posting tadi pagi plus sedikit banyak perubahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja :P. Untuk isi, gue menggunakan resep dari Mba Ida *dari email dan maaf gue lupa link-nya dan sedikit improvisasi sesuai keadaan dan selera. Berikut resep yang gue gunakan.

2nd Attempt Risoles

Bahan:
Kulit
300 gr tepung terigu Segitiga Biru
2 butir telur
1 sm minyak goreng
garam secukupnya
600 ml air

Isi dan Pelapis
100 gr keju cheddar parut
3 butir telur rebus, cincang kasar
4 lembar smoked beef, cincang kasar
4 buah sosis ayam, cincang kasar
50 gr jagung manis rebus, pisahkan dari bongkolnya
50 gr mayonais
Tepung Panir atau tepung roti, secukupnya

Cara Membuat:
Kulit
Campur bahan kering (tepung dan garam)
Pecahkan telur dan minyak ditengah-tengah tepung. Tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk searah dengan sendok kayu sampai air habis *terapkan detail tips & tricks pembuatan adonan Risoles
Tunggu 30 menit sebelum mulai mendadar menggunakan wajan datar anti lengket diameter 24cm.
Goyangkan wajan segera setelah menuangkan satu sendok sayur ukuran sedang adonan, agar adonan merata
Keluarkan kulit yang sudah matang dari wajan, jangan ditumpuk jika masih panas.
*dipercobaan kedua ini, dengan satu resep gue mendapatkan 19 kulit, beberapa kulit pertama ukurannya lebih besar dan sedikit lebih tebal

Isi dan Pelapis
Siapkan bahan-bahannya
Campurkan mayonais, susu kental manis dan 3 sdm susu cair, aduk rata
Kocok lepas 2 butir telur dan tambahkan 2 sdm susu cair, aduk rata
Bungkus kulit dengan bahan-bahan yang ada: sosis, smoked beef, keju, telur dan 1 sdt mayonais. Jumlah sesuai selera. Gue, masing-masing beberapa potong.
Celupkan risoles ke dalam telur, dan balur dengan tepung roti
Goreng dalam minyak panas. Angkat begitu kulit berwarna keemasan
Sajikan dengan pelengkap sesuai selera. Kalo gue seh, temannya risoles yah sambal cocol ^^

Bikinnya seh susah-susah gampang. Begitu hasilnya jadi, senang sekali!! :D


-Ling-

0 comments

Post a Comment