Risoles Bombay

Percobaan hari ini sebenarnya adalah Risoles Keju Daging Asap ala Kraft. Namun seperti biasa, tiap kali nyoba pasti ada aja yang diotak-atik, baik disengaja maupun tidak. Karena satu dan lain hal, kali ini namanya gue ganti jadi Risoles Bombay.

Ehm, Bombay yang berasal dari kata bawang Bombay lho. Ga ada hubungan sama sekali dengan India atau pun rempah-rempah khas sana. Karena suka bawang Bombay, maka jumlah yang dibutuhkan pun gue naik kan jumlahnya. Lalu, gue lupa mempersiapkan keju parut, sehingga si Dede yang bertugas membungkus pun hanya memasukan bahan-bahan yang ada aja. Jadi, rasanya tidak tepat jika gue tetap menggunakan nama Risoles Keju :P

Di resep asli, kulit yang dipakai adalah kulit lumpia basah siap pakai. Tapi karena masih pengen melatih kemampuan membuat kulit risoles, maka gue akan menggunakan resep kulit 2nd Attempt Risoles.

Alasan utama gue membuat risoles dengan resep yang berbeda dengan kemaren adalah karena lagi ga punya mayonais. Trus ingat dulu pernah nyatet resep risoles dari buku resep gratisan teman yang isinya ga pake mayo, jadi diputuskan untuk nyobain deh.

Risoles Bombay
Bahan dan pengolahan kulit mengikuti Resep kulit 2nd Attempt Risoles
Bahan Isi Risoles:
4 lembar daging asap potong kasar
2 buah sosis ayam
3 butir telur ayam kampung rebus potong halus
1 buah ukuran sedang bawang bombay cincang halus
2 siung bawang putih cincang halus
Minyak goreng secukupnya *untuk numis dan goreng
3 sendok teh tepung terigu segitiga biru
200 ml Susu cair
200 gr keju cheddar parut *gue cuma pake 50 gr karena kelupaan

Bahan Pelapis:
2 butir telur ayam kampung, kocok lepas
2 sendok makan susu cair
100 gr tepung roti

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
Masukan terigu, aduk rata hingga kecoklatan
Masukan susu cair, aduk rata hingga mengental, angkat. Aduk2 hingga dingin

Siapkan bahan isi lainnya: daging asap, sosis, telur rebus, dan keju parut
Bungkus sejumlah bahan isi dengan kulit *perkirakan ketersediaan bahan dan jumlah kulit yang dihasilkan
Lakukan hingga kulit habis
Selesai membungkus, celupkan risoles ke campuran bahan pelapis, susu dan telur, lalu balur dengan tepung roti
Goreng dengan minyak panas dan angkat begitu kulit berubah kecoklatan
Hidangkan dengan sambal cocol pilihan sesuai selera ^^

-Risoles Bombay-
Secara rasa, gue suka dua-duanya, baik yang 2nd Attempt Risoles maupun Risoles Bombay. Kalo dari sisi kepraktisan seh tentu lebih mudah menyiapkan yang 2nd Attempt Risoles. Mau bikin yang mana?


-Ling-

0 comments

Post a Comment