Portal Berita, Gimana Gitu..

Gue selalu berpikir kalo untuk membuat suatu portal isinya harus di buat sendiri. Cari topik, tema atau kejadian-kejadian menarik yang terjadi disekitar dikembangkan dalam bentuk tulisan lalu diposting. Kemampuan menulis akan sangat mempengaruhi kualitas postingan dan akhirnya mempengaruhi kunjungan ke portal ybs.

Rupanya ga semua portal berita yang ada mekanismenya seperti itu. Ada juga portal berita yang kumpulan artikelnya tidak berasal dari portal ybs tapi merupakan kumpulan dari artikel-artikel yang orang lain buat. Jadi, portal tersebut hanya berlaku sebagai portal untuk mencari berita yang kemudian tersambung ke blog pemilik artikel.

Keingat deh sama komplen dari pihak raja media yang keberatan headline mereka diambil oleh Google dan Yahoo!.

Sebenarnya keberadaan portal berita sejenis ini tuh menjadi parasit atau bersimbiosis secara mutualisme? Hmm.. sulit dijawab.

Bagi para media yang beritanya diambil tanpa mendapatkan bayaran, mungkin merasa portal sejenis ini adalah parasit. Karena, portal ini mengambil konten mereka lalu menikmati hasil berupa kunjungan regular dari para pembaca atau pencari informasi, meningkatnya trafik, peringkat alexa yang semakin tinggi, pengiklan tertarik, dan menghasilkan rupiah tanpa membaginya dengan mereka.

Lalu, bagaimana pendapat para blogger? Jika artikelnya di link, lalu muncul pengunjung dari portal berita tersebut, apakah akan mendapat kepuasan lebih atau merasa sama seperti pihak media?

Kalo gue pribadi, gue senang kalo ada yang masuk ke blog gue dan membaca apa yang gue tulis. Yah, terlepas dari apakah si pencari informasi yang membaca merasa terpenuhi atau tidak rasa ingin tahunya, gue senang klo si Clickers menunjukan ada yang datang lewat search engine. Rasanya gimana gitu! Hehe..

Tapi kalo mendapati ada yang memanfaatkan artikel yang dibuat dan mencoba mengeruk keuntungan dari situ, ada rasa gimana gitu lainnya yang muncul. Padahal seh bisa dibilang itu adalah hubungan yang saling menguntungkan yah, tapi tetap aja perasaan gimana gitu-nya tetap ada.

Gue bahas mengenai portal berita karna dari trafik Clickers gue mendapati bahwa ada beberapa kunjungan yang datang dari link yang sama. Ketika gue klik, eh ternyata itu sebuah portal berita yang mengandalkan artikel orang lain. Rasa ga respect pun tiba-tiba muncul. Ihh, bikin portal tapi ngambil postingan dari tempat lain, ga banget deh.

Ternyata, rasa gimana gitu yang muncul menanggapi portal berita sejenis ini adalah rasa tidak respect :P Maaf yah teman-teman yang punya portal tersebut, cuma pendapat pribadi aja kog.. Hehehe..

Sekian


-Ling-

2 comments

Valentinus Rama Kurniangga Feb 6, 2010, 10:11:00 AM

Heyyy, berbanggalah jika karya kita dibajak!!

It means, they love our works!!
They like it, they love it, and they want it to be shared.

Liat dari sisi positifnya aja

Ruginya apa sih? gak ada kok.
Dari segi materil udah jelas banget gak ada yang dirugikan.
Toh lo bikin blog, bukan buat cari uang kan?

Dari segi moril, rasanya gw malah senang kalau ada karya gw yang dipake. Awalnya gw juga gak suka ada yang jiplak, ada yang ngikutin.

Tapiii...
Did you realize? When they start to copy-paste our work, it means they followed us.
And it meaaansss, we are absolutelly their leader!
We are the trendsetter!!!

Hahaha. keep posting Yat!!

Ling Feb 6, 2010, 11:40:00 AM

Hemm masuk akal ^^
terserah mereka mau pakai untuk apa, yang pasti kita happy dengan apa yang kita kerjakan yah. toh pada awalnya kita bikin postingan emang dengan tujuan pengen share info dan cerita..

yup, mari posting!! :D

Post a Comment