Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus yang juga sering dikenal dengan nama Kencing Manis atau Penyakit Gula, merupakan salah satu jenis penyakit yang menakutkan. Perlahan tapi pasti si Diabetes akan menggerogoti organ dalam para penderitanya. Komplikasi ginjal, mata dan pembuluh darah bagai bayangan yang tak bisa lepas dari para penderita Diabetes. Tak jarang penderita Diabetes yang berakhir dalam kondisi kehilangan penglihatan dan/atau gagal ginjal.

Dari hasil pencarian gue yang berakhir di WHO, Diabetes adalah penyakit kronis yang timbul ketika pankreas tidak mampu memproduksi insulin secara cukup atau ketika tubuh tidak mampu menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah (hyperglycaemia).

Ada tiga jenis diabetes.
  1. Diabetes Tipe 1, (insulin-dependent or childhood-onset diabetes), diabetes yang disebaban oleh kurangnya produksi insulin.
  2. Diabetes Tipe 2, (non-insulin-dependent or adult-onset diabetes), diabetes yang disebabkan oleh penggunaan insulin yang tidak efektif. Umumnya terjadi karena kelebihan berat badan dan aktifitas fisik yang kurang
  3. Diabetes Gestational, diabetes yang diderita pada masa hamil.
Masih dalam sumber yang sama, WHO, disebutkan bahwa, pencegahan terhadap Diabetes Tipe 2 dapat dilakukan dengan cara:
  1. Mengkontrol berat badan agar berada pada takaran normal
  2. Aktif secara fisik
  3. Mengkonsumsi buah dan sayuran
  4. Hindari ROKOK
Sedangkan untuk mereka yang telah terserang Diabetes, Kontrol adalah kata kuncinya.
  1. Mengontrol kadar gula dalam darah
  2. Mengontrol tekanan darah
  3. Mengontrol kesehatan kaki
Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah:
  1. Pemeriksaan terhadap penyebab kebutaan (retinopathy)
  2. Pemeriksaan kolesterol
  3. Pemeriksaan ginjal
Source Detail: here
Kenapa gue tiba-tiba membahas tentang Diabetes? Alasan yang simpel dan sederhana, belakangan ini gue sering mendengar kabar tentang teman, saudara, atau kenalan yang orangtuanya menderita Diabetes atau dirinya sendiri punya bakat untuk terkena Diabetes. Dan, gue baru menyadari betapa menyeramkannya penyakit yang satu ini ketika melihat kondisi nyokap si Kamu yang tengah berada di ruang ICU. Lengkap dengan selang dan alat-alat medis lainnya yang tersambung ke tubuhnya yang tengah terbaring lemah.

Pulang dari rumah sakit, gue mampir ke rumah si ii sekalian jemput nyokap. Waktu mau pulang, si ii yang satu lagi telpon. Ngobrol punya ngobrol, gue mendapat info yang cukup menarik tentang Diabetes. Si ii yang satu lagi bercerita kalo kakak iparnya baru saja sembuh dari Diabetes yang telah diderita selama kurang lebih dua tahun. Dan dia pun memberitahu rahasia obat mujarab yang telah berhasil mengalahkan si Diabetes tersebut. Sederhana dan mudah dicari.

Bagi yang membutuhkan informasi tentang obat yang dapat menyembuhkan penyakit Diabetes, mungkin cara yang satu ini bisa dicoba. Murah meriah dan semoga bermanfaat.
Bahan:
7 tangkai kacang buncis
7 lembar daun salam
3 siung bawang putih
2 gelas air putih

Cara Mengolah:
Patah-patahkan kacang buncis
Masukan semua bahan kedalam panci
Rebus hingga air tersisa menjadi 1 gelas
Tunggu dingin dan minum 1x sehari

Resep diatas gue posting berdasarkan informasi yang gue dapat dan sudah ada yang telah membuktikan khasiatnya. Jika ada yang mau mencoba, semoga berhasil! Tapi gue ga menggaransi apa pun. Secara, gue kan bukan dokter, sinshe atau pun ahli pengobatan lainnya.. ^^


-Ling-

0 comments

Post a Comment