Pembayaran Online

Berbelanja online memang menyenangkan. Tak perlu beranjak dari depan komputer, barang pun tiba di depan mata. Apalagi sekarang, semakin banyak pilihan. Saya sendiri punya beberapa pengalaman berbelanja online. Dari baju sampai makanan.

Pembayarannya, ada beberapa cara. Untuk produk tertentu bisa dilakukan ketika barang diterima, istilahnya, Cash on Delivery atau COD. Pilihan yang satu ini bisa dibilang sama-sama tenang, tapi ga bisa berlaku untuk semua jenis produk. Kendala muncul ketika si Penjual tidak mengirimkan sendiri barang dagangannya. Nah, gimana caranya mau COD kalo begitu?

Mau tak mau, pembeli harus menaruh kepercayaan kepada penjual. Mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang ditunjuk, kemudian barang dikirim ke alamat yang disepakati. Transfer antar bank menjadi solusi satu-satunya. Beberapa toko online besar mungkin menyediakan opsi pembayaran menggunakan kartu kredit, tapi apa bisa dipercaya keamanannya? Pertanyaan lagi. Sedangkan voucher belanja tak tersedia di kebanyakan online shop. 

Buat yang memilih cara transfer bank, hati-hati. Pastikan tempat belanjanya adalah yang benar-benar mau dagang. Jangan sampai terjebak oleh oknum yang nyari kesempatan dan mau nipu. Selain itu, sampai sekarang, modus SMS nyasar masih nyari mangsa. Teliti dan teliti sebelum membayar.

Buat yang pake kartu kredit, bisa lebih sumringah. Sekarang untuk pembayaran online dengan Mega Visa ada sistem verifikasi baru. Ada tambahan tahap dimana pemilik kartu kredit diminta untuk memasukan kode rahasia ke dalam kolom yang disediakan. Kode rahasia sendiri dikirimkan melalui SMS flash *SMS yang tidak bisa disimpan ke nomor ponsel yang terdaftar di data bank penerbit.

Dengan pengamanan berlapis dan multi device setidaknya bisa meningkatkan kepercayaan untuk  melakukan pembayaran online dengan kartu kredit. Yah, meski harus tetap berhati-hati dan jeli, Bagaimana pun tetap masih banyak oknum yang siap bertindak ketika kita lengah.


-Ling-

0 comments

Post a Comment