Papa's Pizzeria: How To

Udah nyobain Papa's Pizzeria? Suka ga? ^^

Kali ini saya mau mengetik lebih lanjut mengenai permainan yang satu ini. Yah, informasi tambahan bagaimana cara main dan sedikit tips dan trick ;)

Seperti halnya toko beneran, toko pizza dalam permainan ini ada sistem hari. Pada setiap akhir hari, toko tutup dan muncul perhitungan total tips yang didapat. Tips inilah yang menentukan kenaikan level. Jika jumlah tips yang didapat tidak cukup untuk naik level, maka permainan tetap berlanjut ke hari berikutnya sampai terkumpul jumlah tips yang memadai untuk melaju ke level berikutnya.

Pizzeria dibedakan menjadi empat bagian utama. Menerima pesanan di Order Station, membuat menyusun topping pizza sesuai pesanan pelanggan di Topping Station, memanggangnya sesuai waktu yang diminta di Baking Staion, lalu memotong menjadi jumlah tertentu di Cutting Station. Untuk pindah station, tinggal klik empat tombol bulat warna-warni sisi kanan atas.

Order Station
Pada bagian ini, pemain diminta untuk menerima pesanan pelanggan yang datang dengan klik "Take Order" di kiri bawah. Pelanggan akan datang satu per satu. Pelanggan yang telah dilayani akan membentuk barisan lain di sisi kanan sambil menunggu pesanannya siap.
-Order Station: Menerima Pesanan; Antrian Pelanggan-

Jumlah pelanggan yang datang bervariasi tergantung level yang dimainkan. Pelanggan yang datang tidak akan pergi karena terlalu lama menunggu, hanya poin kepuasan mereka yang berkurang. Jadi, jika kita memainkan level tertentu di mana sepuluh pelanggan akan datang, maka mereka akan tetap menunggu dalam barisan sampai dilayani.

Sampai saat ini, cara main saya adalah setiap menerima pesanan pizza pelanggan yang super customized, maka akan melanjutkan pada sesi kedua, yaitu Topping Station dengan klik logo kuning di sisi kanan atas.

Topping Station
Sebelum bisa mulai menyusun topping, harus membuat pizza terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, cukup klik tombol "Make Pizza" maka pizza pun jadi dalam sekejap mata. Salah satu alasan kenapa saya lebih suka langsung masuk ke Order Station setelah menerima order adalah untuk mengurangi aktivitas drag tiket pesanan masing-masing pelanggan sebelum mulai membuat pizza. Tombol "Make Pizza" hanya akan muncul jika tiket sudah berada pada posisinya.
-Topping Station-

Tersedia tujuh pilihan toping untuk mempersiapkan pizza pesanan, jangan sampai tertukar.
Dalam menyusun, harus jeli memperhatikan penempatan posisi topping sesuai yang diminta. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan posisi masing-masing topping yang akan disusun dengan bentuk potongan akhir untuk mendapatkan poin yang lebih tinggi.

Setelah selesai menyusun, pemain bisa memilih untuk langsung memanggang dengan klik "Into Oven" atau menyimpan adonan pizza yang telah disusun dengan klik "Save for Later".  Jika ingin memanggang adonan simpanan, drag tiket pada posisinya, lalu klik "Make Pizza". Setelah itu, klik "Into Oven".

Baking Station

Pemain akan masuk ke Baking Station secara otomatis setelah klik "Into Oven" di  Topping Station.
-Baking Station-

Di station ini yang dilakukan pemain "hanya" menunggu pizza matang sesuai dengan ketentuan waktu lama panggang yang diinginkan pelanggan. Keterangan lama panggang yang diinginkan pelanggan tertera di sisi kiri bawah menu pesanan bersama dengan jumlah potongan yang diinginkan. Pemain dapat memanggang sampai empat pizza pada waktu yang bersamaan.

Sebagai catatan, keterangan waktu di game ini sedikit berbeda dengan jam manusia. Waktu tidak dibagi tiap lima menit, tapi tujuh setengah menit. Jadi, satu jam dibagi menjadi delapan bagian.

Ketika pizza di oven, pemain bisa kembali menerima pesanan atau mempersiapkan yang lainnya di station lain. Dengan catatan bisa memperkirakan waktu matang pizza. Karena, beberapa kegiatan begitu dimulai tidak bisa dihentikan ditengah jalan, harus menunggu sampai selesai. Jadi, jangan sampai pizza over-baked karena harus menunggu pelanggan menyelesaikan order pesanan atau meneliti pesanannya sebelum memberikan tips.

Untuk mempermudah dan tidak salah, ada baiknya mengenali detail kematangan pizza. Tiap melewati satu bar, maka detail gambar pizza yang dipanggang akan mengalami perubahan. Ada yang pada bagian keju, pinggiran maupun topping.

Lama panggan yang diinginkan pelanggan berkisar pada 1-5 bar. Sampai saat ini saya belum pernah menerima pesanan dengan lama panggang lebih dari itu. Yah, ga heran juga. Jika dipanggang sampai mencapai dua bar terakhir, warnanya berubah seperti gosong.

Begitu jam oven menunjukan waktu yang diinginkan, klik pizza untuk masuk ke Cutting Station.

Cutting Station
Tiap pelanggan punya keinginan berbeda dalam membagi pizza-nya, entah dibagi menjadi empat, enam atau delapan potong. Jika diperhatikan, ada goresan tipis pada talenan yang bisa dijadikan patokan untuk mempermudah memotong. Setelah selesai memotong, klik "Finished Order". Jangan sampai lupa drag tiket sehingga yang terklik adalah "Throw Away".

-Cutting Station-

Adanya tombol "Throw Away" pada awalnya mungkin dibuat untuk membuang pizza yang tidak sesuai dengan keinginan. Bisa karena salah topping maupun salah potong. Tapi posisinya yang bergantian dengan "Finished Order" berbalik menjadi jebakan. Jika lupa, alih-alih menyelesaikan pesanan, yang ada harus membuat ulang pizza dari tahap "Make Pizza".

Jika ada pizza yang matang pada waktu yang kurang lebih sama, diperbolehkan untuk kembali ke "Baking Station" untuk mengangkat pizza lainnya terlebih dahulu. Tidak diharuskan untuk langsung memotong dan menyelesaikan pesanan. Sesi akhir, menunggu penilaian pelanggan, cukup memakan waktu. Pengaturan waktu harus diperhatikan.
-Finished Order-

Perhatikan juga kecocokan antara pesanan pada tiket dan pizza yang sudah jadi. Jika tidak sesuai, drag. Jangan sampai pelanggan menerima pizza yang berbeda dari pesanannya. Mereka akan kecewa dan tidak memberikan tips yang memadai.

Pada dasarnya permainan ini cukup sederhana untuk dimengerti. Hanya saja pada pelaksanaannya harus bisa mengatur waktu dan mengerjakan banyak hal. Kemampuan multitasking pemain diuji di sini.

Kemampuan pada masing-masing station akan dinilai terpisah oleh tiap pelanggan. Jadi kita bisa melihat dan memperbaiki apa yang kurang untuk meningkatkan tips.

Demikian sedikit dasar-dasar dalam bermain Papa's Pizzeria ^^


-Ling-

0 comments

Post a Comment