Kode Pos

Seringkali ketika mengisi formulir atau melengkapi data diri, pada bagian alamat, kita diminta untuk mengisi satu bagian yang terdiri dari lima digit, di samping atau di atasnya tertulis kode pos atau postal code dalam bahasa Inggris.

Apa seh pentingnya kombinasi angka lima digit tersebut? Kenapa kita masih harus melengkapinya pada bagian detail alamat yang telah kita tulis dengan lengkap? Pertanyaan ini cukup sering muncul ketika gue akan mengirimkan surat kepada teman, belasan tahun lalu. Dan, hal ini cukup menyebalkan karna gue atau teman gue ga pernah tau kode pos untuk area tempat tinggal masing-masing. Jadi lah gue mengarang kode pos sendiri dan mencantumkannya. Bodoh!

Kemaren ini, waktu bantuin sodara untuk melengkapi formulir, gue kembali kesulitan untuk melengkapi bagian kode pos. Waktu ditanyakan kepada ybs, ternyata dia pun tak tau. Mau ga mau, bertanyaah gue pada Mr Google atau Yahoo!

Selain mendapatkan apa yang gue butuhkan, gue menemukan informasi tentang penentuan kode pos. Ternyata kode pos dibuat dengan tata cara dan aturan tertentu. Jadi ingat sama rancangan aturan kode konten dan wap yang gue susun :P

Arti digit pada kode pos
Digit pertama, menunjukan Provinsi atau Derah Istimewa
Pengaturan digit pertama kode pos
1: JABODETABEK
2: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau
3: Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung
4: Banten, Jawa Barat
5: Jawa Tengah, Yogyakarta
6: Jawa Timur
7: Kalimantan
8: Bali, Nusa Tenggara
9: Sulawesi, Maluku, Papua

Digit kedua dan ketiga, menunjukan KotaMadya, Kabupaten atau kumpulan Kecamatan
Digit keempat, menunjukan Kecamatan
Digit kelima, menunjukan Kelurahan atau Desa

Pengecualian untuk kode pos Jakarta
Digit pertama, menunjukan Provinsi atau Derah Istimewa
Digit kedua, menunjukan KotaMadya
Digit ketiga, menunjukan Kecamatan
Digit keempat, menunjukan Kelurahan
Digit kelima, sama dengan "0"

Cari Kode Pos
Bagi yang ingin mencari tahu kode pos untuk jalan dan wilayah tertentu, silahkan:
  1. Klik di sini
  2. Masukan nama jalan dan pilih kota, lalu klik "Cari"
  3. Tersedia juga dalam English version lho..
Semoga bermanfaat.. ^^


-Ling-

5 comments

Anonymous

sip, terima kasih infonya.

Anonymous

thanks untuk informasinya, oia untuk kantor pos itu ada disetiap kecamatan ya? atau tiap kelurahan?

Ling Jun 25, 2010, 4:12:00 PM

senang postingan ini bisa bermanfaat ^^

Anon 2, kalo untuk kantor pos, kurang tau yah. Tapi, biasanya di kantor pos suka ada mobil pos yang ngetem

Ling Jun 25, 2010, 4:13:00 PM

eh, maksudnya, di kantor kelurahan suka ada mobil pos yang ngetem. salah ketik :P

Dimas Susilo Nov 1, 2012, 3:45:00 PM

siapa sih yang menentukan digit kode pos itu? Apakah depdagri/depkominfo/kantor pos?

Post a Comment