Penyu

Masih seputar cerita perjalanan ke Ujung Genteng, kali ini gue lagi menunggu untuk melakukan salah satu daya tarik dari daerah sini yaitu melihat penyu bertelur. Lokasi tepatnya, Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan aka Pangumbahan Turtle Park.

Sambil menunggu sang bintang utama, wisatawan dapat melihat dan foto bersama anak penyu yang baru menetas.

Hampir tiap malam akan ada penyu yang naik ke pantai dan bertelur. Paling rame adalah pada bulan Agustus, dalam satu hari bisa mencapai 35 penyu yang bertelur di salah satu pos. Pantai sepanjang 2,5 km dibagi menjadi 5 pos pengawasan.

Penyu yang bertelur adalah penyu yang telah berusia 35 tahun ke atas. Ada penyu yang dilepas, berpetualang sampai Hawai, lalu balik lagi untuk bertelur di pesisir pantai 35 tahun kemudian.

Durasi seekor penyu bertelur, 2 - 2,5 jam. Satu penyu bisa menelurkan 100-200 butir telur. Bahkan, Penyu Belimbing yang tempurungnya empuk, klo bertelur bisa sampai 300 butir.

Dan, hampir semua telur akan menetas menjadi Tukik, sebutan bagi anak Penyu. Tukik yang telah menetas akan dilepas ke pantai pada sore harinya. Di Pangambuhan, pelepasan biasanya dilakukan pada pukul 5 sore.

Seminggu pertama Tukik yang uda kembali ke laut tidak perlu pusing mencari makan, karna masi punya cadangan makanan dari kuning telur penyu nan kaya protein yang tersimpan di perut.

Setelah itu, makanan utama Tukik adalah rumput laut. Klo uda dewasa, penyu akan memakan apa saja. Bahkan pernah ada kejadian penyu "menelurkan" plastik dan tambang sebelum telur-telurnya keluar.

Sampai saat ini budidaya penyu belum dilakukan karna jika penyu ditangkar sampai cukup besar baru dilepas, akan mengalami kesulitan beradaptasi ketika berada di laut, dan mereka akan kembali lagi ke pantai.

Jika ada yang ga tau apa beda antara penyu dan kura-kura, berikut jawabannya.. *sok tau mode on, padahal ini juga baru tau :P

Perbedaan paling utama antara penyu dan kura-kura adalah kaki, tangan dan kepala penyu tidak bisa dimasukkan ke dalam cangkang. Dan ukuran penyu yang besar! Ukuran penyu umumnya panjang 120 cm dan lebar 90 cm.

Hehe.. Sekian informasi seputar penyu yang gue dapat dari salah satu bapak petugas di sini sambil menunggu pengumuman untuk melihat proses bertelurnya si penyu. Sebelum penyu mulai bertelur, kita tidak diijinkan untuk nyamperin penyu, karna para penyu akan batal bertelur dan kembali lagi ke laut.

Oh yah, tambahan. Penyu hanya naik ke darat untuk bertelur. Sisanya, seluruh waktu penyu akan dihabiskan di dalam laut.


-Ling-

0 comments

Post a Comment