Maya dan Eksis

Semakin banyak hal yang bisa dilakukan di dunia maya. Jika dulu hanya bisa chatting dan kirim-kirim email, sekarang kita bisa mendaftarkan diri dalam jaringan situs sosial seperti Friendster, Facebook, MySpace, Hi5, Live Connector, Linked atau yang lainnya.

Yang booming saat ini adalah Facebook. Begitu banyak fitur yang ditawarkan oleh Facebook sampai-sampai orang-orang dengan perlahan tapi pasti mulai meninggalkan Friendster yang berada di posisi puncak. Salah satu yang digemari adalah permainan-permainan yang bisa dimainkan secara online dan bersama-sama dengan teman Facebook lainnya. Sebut saja Pet Society, Mafia Wars, Fashion Wars, FarmVille, Farm Town, Restaurant City, Word Challenge, Cafe World, dll

Gue sendiri saat ini lagi addicted sama dua permainan yang kebetulan buatan pengembang yang sama, Fish. Sampai-sampai pernah gue bahas satu-satu dalam postingan sebelumnya, yaitu Pet Society dan Word Challenge, dulu sama Farm Town. Pokoknya, sekarang-sekarang ini tiada hari tanpa nge-klak-klik di dua permainan tersebut :P

Dari situs jejaring sosial dan permainan-permainannya, banyak juga yang beralih ke micro blogging. Sebut aja Twitter yang juga lagi booming. Gue ga bisa cerita banyak soal Twitter soale ga bikin akun di sana. Gue uda cukup puas dengan Plurk gue yang sengaja ga dikembangin jumlah temannya. Inti dari permainannya seh sama aja. Twitter dan Plurk sama-sama buat berbagi kabar dan info singkat.

Ga tau yang lain, klo gue nge-Plurk cuma untuk iseng aja. Lagi mumet or iseng, ketik deh beberapa kata trus post.

Oh yah, buat yang sering dan rajin update status dengan aktivitas yang lagi dilakuin, hati-hati yah. Banyak pihak yang mulai melihat cela dari updated status trus melancarkan tindakan-tindakan jahat. Salah satu cerita yg pernah gue dengar tentang ada anak yang mengupdate status di Facebook dengan "rumah kosong" atau "home alone" eh, rumahnya disamperin sama rampok! So, jangan mengupdate status yang sekiranya bisa memancing niat jahat orang.

Ada lagi cerita lain yang datang dari karyawan penggila Twitter. Suatu hari dia ga masuk kantor. Ketika dihubungi oleh rekan kerjanya, dia bilang lagi di dokter. Si rekan ini rupanya juga penggila Twitter dan kebetulan mereka berdua sama-sama sudah saling terhubung. Ketika si rekan kerja login ke Twitter-nya, ga lama setelah mengakhiri pembicaraan telpon, dia menemukan status update dari si karyawan yang ke dokter tadi dengan tulisan "Lagi nunggu pesawat mau ke Medan sambil ditemenin Ipod yang muter lagu baru Nidji, Sang Mantan".

Hemm.. O..o.. kamu ketahuan!

Pesan Moral: Hati-hati update status kamu, salah update bukannya eksis malah celaka!


-Ling-

0 comments

Post a Comment