Gempa

Pada berasa ga tadi ada gempa?

Ternyata isu yang beredar ada benarnya juga. Walo ga seseram info ga bertanggungjawab yang beredar melalui sms beberapa hari terakhir ini, bahwa Jakarta hari ini akan dilanda gempa berkekuatan 8,5 skala richter selama 1 jam.

Tadi pagi gue sempat merasa ada guncangan pelan sekitar beberapa detik. Ternyata sumber gempanya di Tasikmalaya, 5,1 skala richter.

Ngomong soal gempa, kog rasanya lama-lama kaya jadi kebiasaan gitu yah? Sebentar-sebentar ada gempa, Jogja, Sumatera Barat, dan Jawa. Uda gitu ga kira-kira lagi guncangannya. Jumlah korban dan kerugian yang disebabkan, uda ga perlu dibahas lagi deh.

Untuk urusan bencana alam, bener-bener cuma bisa berharap aja..
Semoga susunan lempengan bumi segera menemukan posisinya.
Semoga gunung berapi aktif, jangan aktif-aktif banget, jadi ga sampe menyebabkan gempa
Semoga deteksi gempa bisa lebih baik. Jadi, walo ga bisa mengelak tapi setidaknya bisa mengantisipasi
Semoga semua mahluk menemukan kebahagiaannya..

Oh yah, ada yang lucu tentang gempa, versi gue neh.. Tadi baru denger dari nyokap waktu nonton tv.

Ceritanya..
Isu gempa yang nyebar melalui sms itu ternyata ga cuma beredar di Jakarta. Masyarakat di pinggir Jakarta juga tau tentang isu tersebut. Salah satu yang menerima isu adalah ibu si Ujar, karyawan sekaligus ojek di rumah, yang tinggal di Tenjo.

Si Ujar ini mendapat telpon dari nyokap dia, yang ternyata diminta oleh nyokapnya si Gopek, karyawan yang lain. Pembicaraannya singkat dan padat aja. Para nyokap menyampaikan info tentang gempa yang didapat melalui sms dan berpesan kepada para anak untuk berhati-hati. Jika terjadi gempa, jangan lupa untuk segera keluar dari rumah dan mencari tiang listrik untuk pegangan.

Gue baru tahu lho kalo gempa harus cari tiang listrik! Apa yah fungsinya? Hehe.. Karna setau gue, kalo terjadi gempa, yang harus kita lakukan adalah:
Keluar dari gedung atau rumah.
Cari lokasi yang lebih lapang, biar ga ketimpa sama barang-barang yang jatuh karna goyangan gempa.
Kalo lagi digedung bertingkat, hati-hati waktu turun lewat tangga darurat. Karna dari beberapa kejadian gempa yang terjadi, banyak yang jadi korban gempa karena cidera waktu mau turun atau keluar dari gedung melalui tangga darurat.

Hemm.. hati-hati semuanya! Siaga terhadap gempa yah..

-Ling-

0 comments

Post a Comment