Pulau Simping

Perjalanan pulang Jawai kemaren benar-benar dimanfaatkan. Mumpung yang bawa mobil ko Achau dan ga ada angkatan atas yang ikut terlibat, maka dalam perjalanan balik menuju Pontianak kami pun singgah dulu. Lokasi tujuan, Pulau Simping.

Bisa tau tentang Pulau Simping karna dari beberapa waktu lalu udah sempat nyari-nyari info tentang lokasi tempat wisata di sepanjang Jawai - Pontianak. Yang banyak muncul di mesin pencari Mr. G adalah Pulau Simping yang terletak di dekat Singkawang.

Meski yang pertama kali sounding soal Pulau Simping adalah gue, tapi yang tetap keukeuh pengen ke sana meski hujan, bukan gue (aja) lho! :P Maklum, udah gue sampaikan informasi kalo Pulau Simping adalah salah satu objek wisata dengan rekor internasional.

Rekornya adalah.. Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia! Bahasa kerennya, Simping Island is the smallest island n the world. Oh yah, katanya seh rekor ini udah tercatat dan diakui oleh PBB. Tapi, waktu gue nanya sama Mr. G, banyak info yang bilang kalo pulau terkecil itu adalah Bishop Rock yang ada di Inggris. Jadi, ga paham juga deh yah..
-Pulau Simping, Singkawang, Kalimantan Barat-
Tidak sulit untuk mencapai Pulau Simping. Kawasannya udah cukup terkelola dengan baik oleh pengelola tempat wisata Sinka Park yang terletak tak jauh dari kota Singkawang. Jalanan sepanjang kurang lebih 3 KM menuju Sinka Park dari jalan utama Pontianak-Singkawang pun udah bagus.

Dari Sinka Park ke Pulau Simping telah di bangun jembatan yang tak hanya fungsional tapi juga estetis. Sehingga pengunjung yang ingin menginjakan kaki di pulau mini tersebut selain tak perlu lagi menyewa perahu juga bisa merasakan pengalaman berjalan di atas laut.
-Menuju Pulau Simping, Singkawang Kalimantan Barat-
Tak banyak objek yang bisa difoto di Pulau Simping. Hanya ada altar dan bak kecil yang gue ga tau fungsinya. Katanya seh tak jarang para warga keturunan yang beragama Kong Hu Cu datang dan sembahyang di altar tersebut.


-Altar dan "bak", Pulau Simping-
Berikut beberapa foto lain yang gue jepret ketika berada di Pulau Simping.

-Jeprat-jepret. Pulau Simping-
Hemm.. Benar-benar penerapan pepatah sambil menyelam minum air yang pas banget deh! Mumpung lagi Pulkam, dimaksimalkan lha kesempatan dan waktu yang ada. Meski ditemani gerimis yang cukup ngebasahin badan, perjalanan kemaren itu cukup menyenangkan ^^


-Ling-

8 comments

Yuli Mar 24, 2010, 2:32:00 PM

Tong..sayang bener yah..pas imlek kan gue pulang ke kampung halaman laki gue di pontianak..tp gk tau deh dia tau pulau simping ato gk..tau gt, kemaren gue mampir jg ke pulau simping yah..hehe..

Ling Mar 24, 2010, 4:57:00 PM

Heeh, sayang sekali ^^
Mang Kampungnya d mana? Pontianak kota? Kalo pulang lagi, mampir lha ke Pasir Panjang.

Secara gue bakalan rutin pulangnya, maka gue akan cari informasi tempat yg bisa dimampirin. Sambil menyelam minum air :P

the post coming soon! Hehehe..

Yuli Mar 25, 2010, 10:01:00 AM

Kampungnya di pontianak kota.. oh,pulau simping itu di pasir panjang? dulu sih wkt blm married, gue kan pernah ikut laki gue pulkam..pernah tuh ke pasir panjang..
Loh, kok lu rutin pulang yat?
Ini ada rencana mo pulang lagi, adiknya laki gue mo married..moga aja sempet jalan2 nih..

Ling Mar 25, 2010, 7:46:00 PM

hemm dekat2 daerah sana lha Yul. Kalo dari arah Pontianak, Pasis Panjang lewat lagi baru sampe Pulau Simping.

Kan nanti jadinya rutin pulang untuk sembahyang.. ^^

Marriednya kapan tuh?

wisata murah nusantara Sep 24, 2010, 7:23:00 PM

bak nya itu seperti sarkofagus, yang untuk menaruh mayat atau sesajen.. indah ya pulau simping.. jembatan nya sudah terendam air laut ya ?
thanks info nya

Ling Sep 25, 2010, 12:13:00 AM

Hi Mumun/Vira, *udah klik web kalian ^^ its NICE!! Great Job!

Oh yah? sejenis sarkofagus? klo utk sesajen masih mending, klo tempat mayat, ehmm rada horor yah! :P

Waktu ke sana seh belum terendam, memang seperti itu kondisinya. Pengunjung bisa nyebrang dari sisi pantai menuju pulau dengan jembatan itu.

Btw, thanks for visiting :)

objek wisata Dec 12, 2010, 3:27:00 PM

keren juga pemandangan di pulau simpling... gk rugi juga tuh mampir kesana... hehehheh

thank's ya udah sharing pengalaman nya... :)

Ling Dec 13, 2010, 10:07:00 PM

Yup.. sangat ga rugi sekali ^^ Mudah-mudahan kesempatan berikutnya bisa mampir ke lokasi wisata lain di daerah sana

Post a Comment