Our Day: Pemberkatan

Sabtu, 15 Oktober 2011

Menjelang siang, rangkaian acara kedua menunggu untuk dimulai. Pemberkatan dimulai terlambat dari waktu yang telah ditentukan, mestinya udah harus sampai lokasi 11.30 dan mulai tepat pukul 12.00, tapi kami tiba udah lewat jam 12 dan masih menunggu mobil orangtua yang sempat nyasar.

Acara sederhana di Vihara Saddhapala ini berjalan cukup lancar sampai pihak catatan sipil yang mendadak (sok) sibuk dan minta disela di tengah susunan acara pemberkatan. Jadi, begitu selesai pemberkatan, dilakukan proses catatan sipil, setelah proses legalisasi hukum selesai, baru dilanjutkan dengan acara "sungkeman" dan foto-foto.

Biasanya, bagian menegangkan dari rangkaian acara di Vihara adalah pada saat membaca paritta dan mengucapkan janji pernikahan. Takut gugup dan salah ucap. Pada acara kami, ada satu sesi yang juga tak kalah menegangkan, yaitu ketika para saksi ditanya oleh Romo.

Ketika romo menanyakan kepada saksi dari pihak perempuan, siapa yang lebih kenal, apakah penganten lelaki atau perempuan, kami pun mulai tegang. Kedua saksi adalah keluarga dari pihak perempuan! Saksi dari pihak lelaki yang telah dipersiapkan sejak awal ternyata tidak memenuhi syarat dan harus diganti. Tidak boleh ada hubungan darah langsung antara saksi dan calon penganten, jadi si Koko batal jadi saksi si Kamu.

Tak tau jawaban apa yang akan diberi oleh saksi dari pihak lelaki jika pertanyaan serupa ditanyakan oleh romo. Saksi kami yang satu ini super polos dan jujur! Beruntung romo tak menanyakannya :D Tak tau apa yang akan terjadi jika si saksi menjawab dia lebih mengenal penganten perempuannya. Bisa-bisa tidak jadi dinikahkan.. ckckckck

Kami meninggalkan vihara sekitar jam 2 lewat dan tiba di Aston Marina jam 3 kurang. Acara kembali sesuai dengan susunan yang telah dipersiapkan ^^


-Ling-

0 comments

Post a Comment