Our Day: Jemput Penganten

Sabtu, 15 Oktober 2011

Acara pertama kami setelah selesai dandan adalah, Jemput Penganten. Dalam kasus kami, karena satu dan lain alasan, acara akan berlangsung di hotel. Berdasarkan beberapa pertimbangan, terpilihlah hotel Grand Asia, Bandengan, sebagai markas penganten perempuan dan hotel Aston Marina, Ancol, sebagai markas penganten lelaki.

Penganten Lelaki setelah "dipersiapkan" oleh orangtuanya akan datang ke tempat Penganten Perempuan bersama seorang Pengapit Lelaki alias Bestman. Bestman (kami) mempunyai peranan yang cukup penting, segudang tugas telah menantinya sejak subuh.

Pada saat bersamaan, Penganten Perempuan juga "dipersiapkan" oleh orangtuanya. Dalam kebiasaan Khek, ada acara "Ci Moi Fon" atau "makan nasi saudara" dalam bahasa Indonesia, yang dilakukan sebelum penganten lelaki menjemput.

Begitu sampai di tempat penganten perempuan, tugas pertama Bestman adalah membukakan pintu mobil Penganten Lelaki. Untuk tugas yang satu ini, Bestman akan mendapatkan satu buah angpao merah dari sang Penganten Lelaki.

Orangtua penganten perempuan akan menerima kedatangan calon menantunya di depan pintu. Setelah memberi salam, kedua mempelai akan dipertemukan. Acara pertemuan ini ditandai dengan buka tudung penganten dan pertukaran bunga.

Setelah itu, dimulailah acara Teh Pai, kedua mempelai menyajikan teh kepada saudara-saudara dari pihak perempuan. Yang pertama adalah Teh Pai kepada orangtua atau wali penganten perempuan, lalu diikuti oleh sesepuh dari ayah kemudian ibu. Urutannya berdasarkan "pangkat" dan usia. Penganten hanya menyajikan teh kepada yang lebih tua. Jika ada saudara yang lebih muda yang mau Teh Pai, maka kedua mempelai yang akan disajikan teh.

Selesai acara Teh Tai, kedua mempelai menuju markas penganten lelaki. Ketika akan berangkat, penganten perempuan akan membawa koper, biasanya dipilih yang berwarna merah, serta beberapa perlengkapan yang telah dipersiapkan oleh orangtuanya. Barang-barang tersebut dibawakan oleh saudara yang lebih muda sampai ke mobil. Tak lupa sang penganten lelaki memberikan angpao kepada mereka yang telah membantu membawakan barang isterinya.

Di markas penganten lelaki, orangtua atau wali penganten lelaki akan menyambut di pintu. Setelah memberi salam, kedua mempelai akan menuju kamar penganten yang telah dipersiapkan. Di sini akan ada acara buka koper. Penganten lelaki akan membeli kunci gembok dari penganten perempuan dengan sebuah angpao, kemudian membuka koper tersebut. Lalu, orangtua penganten lelaki akan menyalakan lentera untuk kedua mempelai.

Acara terakhir adalah Teh Pai kedua mempelai kepada keluarga penganten lelaki. Syarat dan ketentuan yang berlaku sama seperti Teh Pai di pihak penganten perempuan ^^

Our Day part 1.1
Selesai


-Ling-

0 comments

Post a Comment