Bikin SIM

Akhir tahun 2010 gue bikin SIM A dan mengurus lagi SIM C yang hilang dijambret beberapa tahun lalu. Rencana semula seh cuma mau bikin SIM mobil, tapi melihat ada orang lagi minta pakpol untuk bantu urus SIM motor-nya yang hilang, gue pun tertarik dan coba mencari tahu.

Kedua SIM memang ga gue bikin langsung melalui jalur resmi. SIM mobil gue minta bantuan jasa sekolah mengemudi P*rs*mija Grogol, sedangkan untuk SIM motor, langsung minta bantuan pakpol yang sedang bertugas.

Gue tau yang gue lakukan itu salah. Tapi, keputusan diambil berdasarkan beberapa pertimbangan atas pengalaman teman yang pernah membuat SIM.

Kenapa dan mengapanya gue rasa ga perlu dijelaskan secara gamblang di sini. Yah, you know I know lha untuk urusan yang satu ini.

Dari pengalaman kemaren itu, saran gue untuk yang baru mau bikin sim: lebih cepat dan efisien jika langsung minta bantuan pakpol di lokasi. Jadi, ga perlu cari biro jasa ataupun sekolah mengemudi.

Kemaren itu gue serasa dikerjain. Pagi-pagi uda disuruh ngumpul di kantor si Jasa. Udah sengaja gue set waktu sampenya pas-pasan, eh tau-tau ada yang ga tau diri, disuruh kapan datangnya kapan. Nunggu hampir satu jam baru berangkat ke samsat.

Sampe lokasi kirain bisa langsung mulai proses. Ternyata itu ngumpul cuma untuk dianterin doang. Proses selanjutnya dioper ke pihak lain. Nunggu lagi sampe waktu yang tidak ditentukan.

Gue lupa berama lama sampai akhirnya disuruh masuk bersama rombongan yang sebelumnya sama sekali belum pernah bertemu. Tanpa dikasi arahan dan penjelasan lebih lanjut, disuruh ngikutin salah satu anggota rombongan. Mending orang tersebut tau dengan pasti!

Setelah masuk ruangan test tertulis, yang ada celingak-celinguk cari informasi apa lagi yang harus dilakukan. Orang yang tadi ditunjuk udah ga tau kemana. Cape deh!

Proses selanjutnya, modal nanya-nanya. Belum lagi itu tuh hari Sabtu. Ramenya ga ketulungan.

Entah gue yang salah pilih biro jasa atau memang begitulah prosesnya. Yang pasti si dede lebih beruntung. Dia ga harus mengalami apa yang gue rasakan karena langsung minta bantuan pakpol yang ngebantuin proses SIM C gue.

Prosesnya cepat dan ga makan waktu lama. Udah gitu, harga lebih murah pula :D Kalo ada yang berminat, gue masih simpan tuh no si pakpol :P


-Ling-

0 comments

Post a Comment