Ketagihan Senang

Merasakan Kesenangan dan Kebahagiaan, itu sama kaya orang ketergantungan obat, nagih. Selalu ingin lagi dan lagi. Bisa dalam jumlah yang sama atau bahkan kadang menuntut kesenangan dan kebahagiaan yang lebih.

Petsos contohnya, kebiasaan main petsos gue makin lama makin parah. Kaya orang ketergantungan yang selalu nyariin obat, makin hari dosis yang dibutuhkan makin tinggi, frekuensi dan intensitas gue main petsos makin lama makin ga terkendali. Merasa seru dan terhibur dengan mendandani si Pet dan mendekor ruangan, gue jadi rajin login, Apalagi kalo lagi ada barang-barang "special edition" atau "this week special" yang gue suka, bisa banting tulang visit-visit ngumpulin duit untuk belanja!. Kalo belum login dan main rasanya ada yang hilang hehehe..

Sebenarnya ga ada yang salah dengan mencari kesenangan dan kebahagiaan. Tiap orang punya hak untuk itu. Bahkan, mendapatkan kebahagiaan merupakan hak asasi tiap manusia.

Hanya saja, kadang kita hanya ingat dengan "hak asasi" kita masing-masing. Merasakan kesenangan dan kebahagian membuat kita menjadi egois. Kita hanya fokus pada "aku". Kesenangan dan kebahagiaan orang lain seringkali menjadi terlupakan. Atau, minimal terpinggirkan sejenak. Kalo uda puas merasakan kesenangan dan mendapatkan kebahagiaan untuk diri sendiri, baru kita memberikan giliran kepada orang lain untuk merasakan kesenangan dan kebahagiaan. Kalo ingat, kalo nggak, ya udah deh..

Begitu pula sebaliknya. Ketika menghadapi masalah, seringkali kita hanya melihat dari kacamata sendiri. Kita begini dan kita begitu. Gue uda begini dan gue uda begitu. Gue lagi begitu dan begini. Jadi, loe harusnya begitu dan loe harusnya begini.

Jarang sekali kita mencoba untuk melihat dan memahami dari kacamata oranglain. Yang mana ketika itu dilakukan akan membuat kita mampu melihat bahwa yang telah melakukan sesuatu tidak hanya kita sendiri. Bukan cuma gue yang udah begini dan begitu, dia pun uda begitu dan begini. Ternyata bukan hanya gue yang merasa susah, dia pun demikian. Ga cuma kita yang berusaha, mereka pun telah mencoba.

Gue bisa ngomong gini karna gue sedang merasakan ketagihan kebahagiaan atas petsos dan satu hal lainnya. Begitu ada yang menghalangi gue untuk merasakan kesenangan dan kebahagiaan tersebut, untuk terhindar dari rasa susah dan derita, maka si ego pun keluar dan melibas semua. Semuanya. Termasuk kesenangan dan kebahagiaan oranglain.

Begitu kesenangan dan kebahagiaan orang tersebut terusik, maka ego-nya pun ikut terlibat. Dan, dalam rangka mendapatkan kembali rasa senang dan bahagia-nya, keluar dari susah dan derita yang terasa, orang tersebut pun mengusik kebahagiaan gue. Begitu seterusnya.

Postingan ini untuk mengingatkan diri kita, gue khususnya, untuk tidak egois. Baik itu ketika merasakan kesenangan dan kebahagiaan maupun ketika sedang merasakan dan ingin keluar dari kesusahan dan penderitaan, kita harus coba merasakan dan melihat dari kacamata lawan bicara kita. Begitu kita mengusik, maka karma berbicara.

Tambahan. Masih dari kesenangan main petsos, gue menarik kesimpulan bahwa.. Begitu kita menemukan sesuatu yang kita inginkan, maka kita akan mengusahakan berbagai cara untuk mendapatkannya. Terlebih jika kita telah merasakan kesenangan dan kebahagiaan dari "sesuatu" tersebut. Maka usaha yang dikeluarkan untuk mendapatkan "sesuatu" tersebut pun akan semakin besar. Istilahnya, khasiat udah terbukti jadi uda ga ragu lagi.

Jadi, kita harus mencari sesuatu yang diinginkan untuk dijadikan sebagai target agar usaha untuk mencapai target tersebut maksimal. Dan, ingat lah selalu kesenangan dan kebahagiaan yang akan dirasa ketika target tersebut tercapai. Jadikan itu sebagai penyemangat untuk lebih berusaha atau penyemangat ketika dilanda kesusahan dan derita.

Jika merasakan kesusahan, seperti kata Ajahn Brahm, tertawalah. Karna dengan tertawa akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi rasa susah dan derita yang kita rasa.


-Ling-

2 comments

Yuli Dec 14, 2009, 3:44:00 PM

Gw jg nih yat, ketagihan Cafe World..
Ditambah lagi kerja udah gk excited nih..jadi akibatnya males-malesan dah..pusing mikirin nasib..

Ling Dec 14, 2009, 10:55:00 PM

Facebook emang parah neh! :P
Oh yah, sekarang Petsos juga bisa masak lho.. hehe

Same here Yul.. Mari berjuang bersama, baik itu ngatasin rasa males dan excited maupun dalam memperjuangkan nasib yang lebih baik! ^^

Post a Comment