Susu Kacang


-Susu Kacang ala Ling-

Susu Kacang. Minuman sehat kaya manfaat. Ga percaya? Tanya aja sama Mr Google. Pasti akan muncul berderet catatan kebaikan yang bisa dihasilkan oleh si Susu Kacang ini.

Cara membuat susu nabati ini cukup sederhana, secara teori. Rendam kacang kedelai dalam kurun waktu tertentu, cuci bersih dan giling (baca: blender). Lalu masak sari tersebut hingga mendidih. Tapi, begitu mulai praktek, gampang-gampang susah lho. Pertama bikin kirain susah, taunya eksperimen berhasil. Pas ngirain gampang, udah pernah berhasil bikin, malah gagal.
-Kacang Kedelai Siap Giling-
Lama merendam kacang bervariasi. Kalo googling, rata-rata mengatakan rendam selama 8 jam. Info dari tante yang juga lihai membuat tahu, merendam kacang cukup 4 jam saja. Jadi, terserah deh mau rendamnya berapa lama. Yang pasti harus dicuci bersih sebelum dihaluskan.


Perbandingan penggunaan kacang kedelai dan air adalah 1:1. 1 ons kacang untuk menghasilkan 1 liter susu kacang. Atau, bisa juga disesuaikan dengan selera.

Untuk menghaluskan kacang, gue pernah menggunakan blender atau pun juicer. Bedanya, yang pake juicer, sudah tidak perlu disaring lagi sebelum dimasak. Cukup dengan menambahkan air hangat dan dipanaskan sampai mendidih. Jika menggunakan blender harus disaring dengan menggunakan kain halus dulu. Kecuali menggunakan blender yang ada saringan tengah untuk memisahkan ampas dan sari, saringannya berbentuk tabung yang diletakan pada bagian tengah.

Ketika akan menghaluskan kacang, gunakan air hangat agar hasilnya tidak sangau *bau khas kacang. Tak perlu memasukan semua air hangat ketika akan memblender. Sisanya air yang tidak ikut diblender cukup dicampurkan ketika akan mendidihkan. Jangan ketinggalan daun pandan.

Jangan langsung memasukan gula pasir kedalam panci. Sebaiknya tunggu sampai sudah mendidih, baru gula pasir dimasukan setelahnya. Atau bisa juga dengan mengolah gula pasir menjadi cairan gula. Begitu akan diminum, baru menambahkan cairan gula sesuai selera.

Hasil olahan sendiri rasanya lebih mantap lho.. Ga percaya? Coba aja sendiri.. ^^


-Ling-

0 comments

Post a Comment