Bobot

Salah satu momok bagi perempuan ketika hamil yaitu naiknya bobot secara signifikan. Permasalahan klasiknya, uda naik susuh turun! Atau, "sisa" beberapa kilogram yang bertahan sampai beberapa tahun kemudian. Yah, kecuali benar-benar fokus mengupayakan agar si lemak untuk tidak tertahan terlalu lama.

Kekhawatiran yang penting ga penting ini ikut menjadi concern gue pada awal kehamilan. Maklum, dalam kamus perbobotan gue, kilogram naik perlahan tapi pasti dari waktu ke waktu tanpa ada niat menengok kebelakang. Kurvanya persis seperti pergerakan investasi emas yang hampir bisa dipastikan akan terus menerus naik dalam jangka panjang.

Pikiran pertama terkait kenaikan bobot di masa kehamilan, "bakal naik berapa kilo yah?" Teman atau saudara yang udah ngalamin rata-rata 15an kilogram. Mereka potongan sebelum hamil ga ada yang lebih "gede" dari gue. Apa kabar gue?! Bisa naik sampai berapa kilo?! Dan, permasalahan turunannya ga sampai total kenaikan pada masa kehamilan saja, tapi bagaimana mengembalikan ke bobot sebelum hamil. Khususnya buat kasus gue yang gampang naik susah turun. Garuk-garuk kepala deh!

Seiring waktu berjalan, permasalahan bobot sejenak terlupakan. Teralihkan oleh acara lemas-lemas di trisemester pertama serta perjalanan keluarga. Di tiga bulan pertama, bawaannya nyender atau ngelantai. Nafsu makan turun drastis! Pengalaman super langka buat seorang gue yang selalu lapar mata dan bisa ngidam kapan saja.

Anehnya, lemes-lemes serta cape terlupakan kalo dibawa jalan! Waktu sekitar bulan April, nganterin nyokap dan saudara-saudaranya melancong ke negeri Tirai Bambu. Awalnya ngebayangin bakal sanggup ga yah. Bawaannya cape dan pengen selonjoran mulu. Ternyata, kebalikannya! Enjoy bener jalan-jalannya Ckckck.. Urusan bobot benar-benar terlupakan.

Memasuki trisemester kedua, kondisi fisik makin oke. Selera makan juga membaik. Meski cepat kenyang, tapi frekuensi lapar meningkat. Lumayan untuk pertumbuhan dan menimbun lemak si Onga. Meski bobot gue ga naik sebanyak teman yang lain, si Onga tetap mendapat jatah yang cukup. Bahkan waktu usia 27 minggu bobot Onga uda sama seperti bayi lain yang uda 28 minggu.

Kalo uda begitu mau ga mau harus agak kontrol asupan yang masuk. Jaga-jaga jangan sampai nanti si Onga over weight. Bisa rempong nanti urusannya.
Sekarang Onga uda menuju 36 minggu. Susah dan ga selera makan uda jadi masa lalu semua! Meski kadang masi merasa ga minat sama jenis makanan tertentu, tapi yang pasti sehari bisa sampai 4x angkat piring. Ga tau dalam dua minggu ini si Onga bakal naik berapa gram, yang pasti gue merasa gede banget sekarang!

Jawaban atas pertanyaan sepupu tercinta, "Merasa gede banget kaya giant ga loe?", dua minggu lalu, mau gue ralat dan update. Bukan merasa jadi giant lagi sekarang. Rasanya uda jadi super giant! Apalagi kalo pake daster. Jangan ditanya deh! Hahaha.. Ga kebayang sampai nanti 40 minggu bakalan segede apa.

Semoga aja sampai nanti lahir bobot Onga ga lebih dari 3.5 kg dan total naik gue ga sampai melebihi 10 kg! *Empat minggu terakhir ini naiknya ga sampai lebih dari 2 kg lha yah.. ^^  

Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.


-Ling-

0 comments

Post a Comment