Curhat Bandara

Mau curhat!! (baca: ngoceh + komplen).

Keki banget pas tadi lagi jemput sodara di bandara. Mau naikin "penumpang" aja bingung harus berhenti di mana. Padahal orangnya uda di depan mata.

Hampir semua lahan di sepanjang area Terminal Kedatangan dijadiin tempat parkir taxi! Grrrr.. Ga tau yang lain gitu juga atau nggak. Tadi gue di 1C dan ga memperhatikan waktu ngelewatin terminal kedatangan yang A dan B

Ceritanya, karena malas masuk parkiran yang mana begitu ngelewatin palang langsung di charge 4rb perak untuk 2 jam pertama, gue pun janjian dengan yang mau dijemput. Mereka nunggu gue dipinggir. Gue sampe, masuk mobil, jalan lagi. Paling juga berapa menit doang. Untuk apa ngeluarin tambahan 4rb perak lagi. Belum lagi muter-muter di dalam parkirannya.

Begitu dikabari yang mau dijemput uda pada posisinya, gue pun meluncur. Gue kira sama aja kaya waktu drop di terminal keberangkatan. Berhenti pinggir, naik-turun penumpang, jalan lagi. Kalo bisa sebentar, ngapain lama-lama di bandara yang katanya uda kelebihan kapasitas?

Ternyata eh ternyata. Waktu ngejemput, uda liat penampakan pasukan yang mau dijemput, gue bingung gimana cara naikin mereka ke mobil. Hampir semua lahan disepanjang jalan berubah jadi deretan "lahan parkir taxi".

Ga sengaja memasuki lahan parkir karena uda ngeliat posisi sodara yang uda nungguin, petugasnya datang menghampiri. Percakapan pun terjadi.

Dengan "ramah" dia ngasi tau kalo ga boleh parkir di situ. "Ini khusus taksi", katanya.
Dalam hati, siapa juga yang mau parkir?. Gue jawab aja, "Saya mau jemput orang pak. Itu mereka" sambil nunjuk ke arah sodara-sadara yang siap naik mobil.

"Tapi ini khusus parkir taksi, bu" petugasnya ngasi tau lagi.
"Terus, kalo mau jemput, naikin penumpang di mana?"
"Di sana aja, dekat tangga" si petugas nunjuk ke arah kirinya. Yang mana itu adalah arah tadi gue datang.

Bingung bentar, gimana cara, masa gue harus muterin satu putaran untuk ke tempat yang ditunjukin. Mau mundur ada "burung biru" lagi jalan perlahan ke arah gue.

"Sebentar aja, pak. Toh lagi ga ada taksi" gue ngeles sambil memberi kode sambil melihat deretan lahan parkir kosong lainnya.
"Ga bisa. Bentar lagi taksinya datang" jawab si petugas.
"Bentar doang, pak" Gue bermaksud naikin di situ. Eh tau-tau mobil patroli bandara lewat. Ngumumin lewat halo-halonya agar gue mindahin mobil. Si pak petugas yang tadi ngadu rupanya. Grrrr..

Karena malas berantem sama orang di hadapan sodara, gue pun bermaksud pindahin mobil. Tapi, ga bisa keluar karena kehalangan sama mobil lain yang lagi naikin penumpang juga. Eh, si petugas patroli masi terus aja cuap-cuap pake halo-halonya. Grrrrrr..

Sebel-sebel gue teriakin aja! Huhh.. "Ga bisa liat apa ini nyangkut ga bisa keluar". Dan, masih aja lho dia nyolot. "Makanya tadi langsung ke kanan".

Sodara-sodara, posisi dia pas ngomong itu adalah ketika mobilnya lagi melintang melintas di depan gue. Minta ditabrak ga tuh?!

Akhirnya gue ga jadi naikin penumpang di situ. Dan, sampai gue udah pindah pun, lahan parkir yang gue tempatin tadi dan sekitarnya masih banyak banget yang kosong!! Pas ngantri mau pindahin mobil itu ga sebentar lho. Kalo bukan reseh, gue ga tau lagi dah. Adu omongan sama mereka aja lebih lama dibanding waktu yang dibutuhkan sodara gue untuk naik.

Satu lagi. Waktu mau mindahin mobil, ternyata di depan pada naik turun penumpang di jalur kedua *jalur pertama uda dimakan semua sama "lahan parkir taksi". Gue pun berniat ikutan. Datang lagi petugas. Kali ini berseragam satpam. Yang tadi pake rompi gitu.

"Jangan parkir di sini, bu" katanya.
Oh my.. Ga bisa apa dia bedain orang mau parkir ama mau jemput. Memang ada orang sebego itu? Parkir dilajur dengan banyak mobil lalu lalang. Pas jalanan lagi padat-padatnya pula!

Masih kebawa keki yang sebelumnya, "Kalo sini ga boleh, sana ga boleh. Ini saya mau jemput orang gimana cara?" "Kalo masi lama, ibu masuk parkiran aja" jawab si pak satpam sambil nunjukin lokasi tempat parkir. Sambil nunjuk ke arah pasukan yg mau dijemput, "Itu orangnya lagi nunggu untuk naik mobil pak! Saya mau masukin orang ke mobil. Bolehnya di mana?". Nada gue saat itu uda cukup kedengeran sebelnya.

Dengan salah tingkah dia ngomong, "Majuan aja bu. Jangan di tengah-tengah zebra cross".
Akhirnya! Ok, yang terakhir itu gue salah karena saking sebelnya ga sadar lagi berhenti di zebra cross. Gue kemudian menaikan penumpang setelah majuin mobil sekitar 1 meter dari lokasi "ngobrol" dengan si bapak satpam.

Astaga.. Sulitnya mau menjemput orang di bandara tercinta. Pekerjaan sederhana aja, jadinya pake urat. Ga jelas banget pengaturannya. Satu tunjuk depan, satu tunjuk belakang. Banyak mobil lain menaikan penumpang di sepanjang jalan jalur kedua. Dan, gue ditegur karena memanfaatkan jalur pertama yang ga bikin macet tapi kebetulan adalah "lahan parkir taksi" kosong.

Bandara oh bandara.. Semupeng-mupengnya mau ngemaksimalin pendapatan dari parkir juga bukan gitu caranya. Mau cari tambahan boleh aja, tapi elegan dikit dong. Lahan dikomersilin semua. Maksa banget suruh orang masuk parkiran. Kenapa juga taksi ga dijejerin di dekat parkiran? Pasti jalanan juga lebih lancar.

Miris banget ngeliatnya. Apalagi kebetulan abis menginjak bandara tetangga. Transportasi, Porter, Parkir. Ga ada yang bisa bikin bangga. Cuma semerawutnya aja yang belum terkalahkan.

Curhat selesai.

Sayangnya tadi ga kepikiran untuk motoin tkp. Kalo ada foto pasti lebih mudah membayangkan jejeran "lahan parkir" yang gue maksud. Tapi, meski ga ada foto, ini bukan hoax lho. 100% kisah nyata.


-Ling-

0 comments

Post a Comment