Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger yang beken dengan nick, YM, siapa seh yang ga kenal?  

Channel komunikasi yang satu ini memegang peranan yang cukup penting seiring dengan semakin melekatnya kita dengan yang namanya internet. Tak hanya untuk kepentingan pribadi, YM tak jarang digunakan untuk membahas masalah pekerjaan dengan atasan maupun relasi kerja.

Yah, setidaknya itu yang gue alami. Sejak masuk dunia kerja, kebutuhan gue akan YM semakin tinggi. Ketika kantor lain menutup akses YM, semua tempat kerja gue yang sebelumnya malah memanfaatkannya dengan baik. Banyak komunikasi dengan relasi dan atasan yang terjalin melalui YM. Lumayan lho, bisa menghemat biaya telpon dan SMS :P

Buat kalangan anak muda, fungsi utama YM tentu adalah begaol.. Hanya bermodalkan jaringan internet atau gprs ponsel, sudah mampu saling berkirim pesan dengan teman. Yang pasti, jauh lebih murah dibanding menggunakan SMS. Hemm, tapi kalo sekarang seh ga tau juga yah, secara kan banyak banget bonus sms yang didapat ketika mengisi ulang pulsa.

Hal lain yang tak terpisahkan dari YM, emoticons, simbol-simbol yang bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan dengan mengetikan karakter tertentu. Kalo dengan penjelasan mungkin membingungkan, tapi kalo uda liat langsung emoticon yang di maksud, pasti deh langsung tau.
Di YM tak sulit untuk menggunakannya. Tinggal klik icon Mr Smile yang ada di atas kotak tempat mengetik maka akan muncul aneka emoticons yang siap dipilih untuk digunakan. Lalu, klik salah satu emoticon yang ingin digunakan, lalu "enter" untuk mengirimnya kepada lawan bicara.
Kalo udah hafal, bisa juga menggunakan shortcut untuk menghasilkan emoticons. Tinggal ketik aja karakternya. Berikut contekannya.. *klik gambar untuk melihat dalam ukuran besar
Dan, ternyata selain emoticon yang ada di panel, ada beberapa emoticon tersembunyi yang keren lho.. Karena tersembunyi, jadinya hanya bisa dimunculkan dengan menggunakan shortcut.
Beberapa emoticon hanya bisa muncul jika menggunakan YM versi web, jadi kudu teliti sebelum dipake.
Klik untuk download: Yahoo! Messenger 10. Web Version
Selamat ber YM ria.. :D


-Ling-

0 comments

Post a Comment