Virus IM 2

G mau melanjutkan pembahasan mengenai virus yang gencar menyerang IM, khususnya Yahoo! Messenger, yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya. Ternyata virus-virus ini udah mulai beraksi sejak awal tahun 2000. Dan sekarang makin gencar dan makin tangguh untuk dilumpuhkan. Sekali lagi, ekstra hati-hati yah teman-teman! Jangan sembarangan klik link yang dikirimkan oleh teman tanpa dikonfirmasi terlebih dahulu.

Setelah lebih dari seminggu, akhirnya hari ini g bisa menuhin janji sama sepupu g untuk cari cara ngilangin virus yang nyerang YM dia. Waktu masukin kata "virus ym" langsung muncul beberapa link. Klak-klik sana-sini, langsung dapat info! Ternyata virus yang kemaren itu sempat g sebut, kirim message dalam bahasa aneh, ada yang bilang dari Vietnam dan ada yang bilang dari Thailand. Penjelasan lanjut tentang cara kerja virus YM klik disini

Dari mana pun asalnya, virus yang bernama W32.Imaut.N ini ternyata bukan menyerang software YM seperti virus lainnya, tapi langsung ke hard disk komputer. Jadi, khusus yang satu ini, virus ga bisa hilang hanya dengan ganti password atau install ulang software YM. Virus harus dibersihkan langsung dari data komputer! Yah, caranya emang agak ribet buat yang ga gitu paham dengan software dan perintah-perintahnya. Jadi, klo memang ada, minta tolong sama yang lebih paham aja. Daripada nanti malah komputernya kenapa-napa :P

Dari hasil browsing g, berikut beberapa sumber yang menyediakan cara untuk mengenyahkan virus, yang menurut g lebih mudah dimengerti dan diikuti petunjuk-petunjuknya. Plus link untuk download antivirus.
Untuk kali ini g ga berani untuk menjabarkan sendiri lebih jauh mengenai cara penangananya, secara g ga paham dan kurang kompeten. Jadi, cuma passing informasi dari penulis-penulis lain yang memang paham aja deh. Hehehe..

Ok! Selamat mencoba dan semoga berhasil yah ^^


-Ling-

0 comments

Post a Comment