Jawai dan Ragnarok Online

Live Traffic Feed. Banyak banget blog yang menggunakan fitur ini untuk mengetahui pengunjung yang mampir atau nyasar ke blog yang dimiliki. Tak ketinggalan, gue pun ikut memasangnya. Dan merupakan salah satu kesenangan tersendiri buat gue untuk mengamatinya. Well, seperti yang pernah gue bahas di postingan sebelumnya, cuma sekedar untuk melihat LINGism berada diperingkat atau halamanan keberapa mesin pencari untuk keyword tertentu.

Kemaren ini ada yang masuk dengan kata kunci "masakan khas Jawai", dan.. LINGism nangkring diurutan pertama! Woww.. *nyegir ga penting. Scrolldown ke bawah, gue menemukan hal yang agak berbeda dari artikel yang lainnya. Jawai dalam website Ragnarok Online? Hemm.. *Seandainya ada yang ga tau, Ragnarok Online itu sejenis game online yang cukup terkenal dan banyak peminatnya.

-Print screen dari Google-
Ga lama-lama penasaran, link-nya pun gue klik. Eh, ternyata yang muncul adalah keterangan kota-kota yang ada di dalam game RO. Empat kota pertama, Gonryun, Amatsu, Umbala dan Niflheim gue lewatkan begitu aja karna ga gitu familiar.


Yang muncul selanjutnya adalah Louyang dan Ayothaya. Cukup familiar buat gue. Louyang karna dulu sering nonton film silat sama bokap dan nama kota ini sering banget disebut-sebut. Sedangkan Ayothaya, waktu ke Thailand beberapa tahun lalu sempat mampir ke sana.


Dan yang terakhir adalah Jawai. Pikiran gue "Wah, Jawai disandingkan dengan Louyang, Ayothaya, Gonryun, Amatsu, Umbala dan Niflheim yang meski gue ga familiar tapi sepertinya itu nama-nama yang cukup berkesan buat yang lainnya. Yah, setidaknya para game developer RO. Jangan-jangan ada salah satu developer atau pihak terkait yang berasal dari sana".

Bisa juga seh cuma sekedar kebetulan belaka, apalagi setelah membaca penjelasannya yang menurut gue rada ga nyambung. Tapi tetap gue excited gimana gitu. Maklum, Jawai itu adalah nama salah satu kecamatan di propinsi Kalimantan Barat yang bernaung dibawah kabupaten Sambas. Kata yang bahkan ketika dimasukan ke wikipedia sekalipun sulit untuk mendapatkan informasi detailnya. Sedikit tentang Jawai pernah gue post, klik di sini untuk baca.

Yah, walo ga seheboh berita kota "Madura" yang dijadikan sebagai nama salah satu jenis kendaraan oleh perusahaan otomotif terkemuka dan bergengsi, setidaknya kaitan antara Jawai dan salah satu game online yang cukup ternama dan mampu bertahan selama bertahun-tahun, Ragnarok ada dalam blog gue ini hehehehehe...

Kalo ada yang mau tau tentang update info seputar Ragnarok Online, klik di sini.

Image source: Lytogames


-Ling-

8 comments

alice in wonderland Aug 16, 2010, 9:12:00 PM

hehe saya aja gak tahu Jawai itu dimana, kupikir salah tulis Jawa jadi Jawai... baguslah biar Indonesia tidak cuma dikenal sebagai sarang teroris aja^^

Ling Aug 17, 2010, 9:40:00 AM

Huehehe.. iyah, ga banyak eh jarang banget yang tau emang. daerah terpencil yang tertinggal :P

keep writing about Indonesia... ^^

Anton Aug 26, 2010, 11:49:00 AM

Hi Ling, nama saya Anton. Saya mo ke Sentebang, Jawai nih sama ortu. Adakah penginapan di sana ? Atau ada rumah yang bisa disewa barang semalem ato 2 malem ?

Makasih yaaa...

PS : Blognya keren ya..

Ling Aug 26, 2010, 1:08:00 PM

Thanks Anton uda nyasar sampai sini ^^

Sentebang aku kurang tau, tapi di jawai ada penginapan kog. Jawai k sentebang jg ga terlalu jauh.

Kapan rencana mau k sana? Mungkin nanti saya bisa bantu tanya sama sodara yang tinggal di sana

ATW Aug 27, 2010, 8:47:00 AM

Hi Ling, Sentebang itu ibukota kecamatan Jawai, Kalau Matang Suri ibukota kecamatan Jawai Selatan Kabupaten Sambas. Rencananya November mo ke sana. Bisa ditanyakan saudara ya apa nama penginapan di Jawai sana. Syukur-syukur ada alamat email atau teleponnya. Please....
Makasih bantuannya.. keep writing..!!!

Ling Aug 27, 2010, 12:25:00 PM

Penginapan yg aku maksud adanya di Matang Suri. Tapi dari Matang ke Sentebang ga terlalu jauh kog.

Email rasanya sulit. Nanti saya coba tanyakan untuk telponnya atau datang langsung aja k sana, itu satu-satunya penginapan d sana. Berhenti aja di Matang lalu tanya penduduk sana penginapannya ada d mana. Kalo butuh "guide", nanti aku ada kenalan.

Kalo boleh tau dalam rangka apa neh mau k sana?

ATW Aug 28, 2010, 10:29:00 AM

Ling yang baik, Terimakasih infonya, juga penawaran guidenya. Silahkan diinfokan saja via emailku di antonteguh@yahoo.com. Senang dapat info ini, setidaknya di Matang ada penginapan. Ada yang bilang juga di pinggir pantai Sentebang ada juga. Memang afdol kapau ada kontak dengan penginapan itu ya, jadi aku ada persiapan. Aku mo ke Sentebang sama ortu. Beliau, khususnya ayah, mo nostalgia, karena dulu saat muda pernah di sana 45 tahun lalu.... Jadi ini misinya menyenangkan ortu. Mumpung ada waktu dan uang saku...

Ling Aug 29, 2010, 2:04:00 PM

Hemm.. klo yang pinggir pantai Sentebang aku kurang tau. Belum pernah eksplorasi pantai di sana :P

Untuk guide ga masalah. Kenalan ku itu bisa diandelin dan dipercaya. Nanti klo udah mendekati hari H remind lagi aja, baru aku kontekin orangnya. Kalo kejauhan takutnya nanti dia lupa.

Orangtuanya berasal dari sana juga? Semoga orangtuanya bisa bernostalgia ^^

Post a Comment