Modus: SMS Nyasar

Liat hape, di inbox ada SMS yang berbunyi:
"Transfer ke BNI aja a/n Aryx Lesmana. No rek 023862109x. Kalau sudah ditransfer sms ke no ini ya."

Pengirim: 08780807275x

Pikiran pertama, "Wah ada sms nyasar, pasti ada yang lagi mau melakukan transaksi neh"

Gue pernah kirim dan/atau terima SMS kaya gitu waktu mau closing transaksi. Dan, gue yakin ga cuma gue sendiri. Semua yang sering berbelanja via online shop pasti ga jarang nerima SMS serupa tapi tak sama kaya contoh di atas. Bener ga, Sis? ^^

Waktu gue cerita ke si Kamu soal SMS ini, ternyata oh ternyata! Ini adalah modus operandi baru! Di saat SMS "mama minta pulsa" uda mulai basi, muncul ide kreatif baru untuk menipu ckckck..

Waspada oh waspada lah wahai kalian yang mulai terbiasa dengan dunia belanja online, terutama buat yang suka ga teliti, macam gue.

Perhatikan dengan seksama nomor pengirim. Pastikan nomor pengirim benar-benar dari pemilik online shop. Jangan ragu untuk konfirmasi nomor rekening sebelum melakukan pembayaran. Sekali terkirim, uang ga bisa ditarik balik soale.

Semakin beragam ancaman yang mengintai kelengahan. Waspadalah.. Waspadalah!

Semoga semua makhluk hidup berbahagia


-Ling-

0 comments

Post a Comment