Bikin Mie

Yang gue maksud dengan bikin mie kali ini bukan hanya merebus mie instan atau pun bikin mie goreng dari mie telor, tapi mengolah tepung terigu dan telor menjadi mie yang kemudian siap dibikin jadi bakmi.

Ternyata bikin mie ga susah dan ga ribet. Tingkat kesulitannya, hemm 2/5. Buat yang mau nyoba, berikut bahan dan cara pembuatannya:

Alat:
Wadah untuk membuat adonan
Penggiling

Bahan:
5oo gr tepung terigu
5 butir telur ayam

Cara:
  • Masukkan telur ke dalam tepung terigu. Aduk-aduk sampai berubah menjadi adonan padat.
  • Jika kekuatan tangan kurang, manfaatkan mesin penggiling untuk menghaluskan adonan. Ulangi terus sampai adonan tepung dan telur kenyal dan permukaannya rata.
  • Ubah settingan alat penggiling untuk menghasilkan gilingan yang lebih tipis
  • Setelah itu, gunakan sisi alat giling yang lain untuk menghasilkan mie sesuai yang diinginkan, Mie Gede atau Mie Kecil.
  • Taburkan sedikit tepung terigu agar mie yang telah jadi tidak menyatu.
  • Mie sehat bergizi tanpa bahan pengawet siap dimasak jadi bakmi.

-Alat Penggiling-


-Adonan yang siap digiling. Hasil akhir: Mie Gede & Mie Kecil-

Hemm.. masih belum jadi makanan siap santap? Ok, berikut cara memasak bakmi

Masak Bakmi:
Untuk memasak bakmi, gunakan panci yang cukup besar. Tunggu air mendidih terlebih dahulu sebelum memasukan mie kedalam panci. Jangan lupa sayurannya juga dimasukan.
Mie yang telah matang akan tampak mengambang dipermukaan air.
Angkat mie, tambahkan minyak bawang goreng, minyak ikan, cuka, sambal atau bumbu-bumbu lain sesuai selera, campur rata. Gunakan wadah yang cukup besar agar mudah dalam mencampur, baru kemudian dipindahkan ke piring untuk dihidangkan
Lauk pelengkap lain juga dapat ditambahkan sesuai selera. Contoh, ayam kecap seperti bakmi yang dijual abang. Kalo kemaren, gue membuat telur goreng dadar untuk menemani bakminya.
Sepiring bakmi lezat pun siap di santap. Slurrp..

Yah begitulah aktivitas Sabtu sore di dapur gue bersama para tante yang mendadak kena demam "olah masakan yang menggunakan alat penggiling". Gue bilang "demam" karna bukan cuman mie yang dihasilkan sore itu. Waktu gue baru nyampe rumah, sekitar jam 2-an, mereka uda sibuk bikin makanan yang dikasi nama "kue pita" goreng. Acara bikin mie dimulai jam 4-an.

Hari sebelumnya, mereka bikin kulit pangsit goreng dan si kue pita versi 1.0 plus somay yang kulitnya juga dibuat dengan menggunakan alat penggiling tersebut. So, its alat giling fever! Fever yang seru dan menyenangkan!! :D


-Ling-

0 comments

Post a Comment